Minggu, 05 November 2017

Pengalaman Interview Kerja, nih! Edisi jadi CONTENT WRITER di DEWA WEB

WHAT'S UP PARA PENCARI KERJA? SADAR DONG INI SEMUA HANYA DUNIAWI WOI, TAPI HARI INI GUE MAU BERBAGI CERITA KEPADA SOBAT PENGANGGURANKU TENTANG PENGALAMAN PERTAMA GUE INTERVIEW KERJA, HANYA DUA HARI SETELAH YUDISIUM, DI MANA LAGI KALO BUKAN DEWA WEB! *matiin capslock*

Setelah Yudisium dan dinyatakan resmi lulus oleh kampus, tidak pakai pikir panjang gue langsung buka Jobstreet.com yang ada dipikiran gue gimana caranya dapat undangan interview kerja secepat mungkin. Gue tau passion gue menulis, jadilah ngga jauh-jauh dari content writer, copy writer dan reporter. Cuma nunggu dua hari tiba-tiba ada email pemberitahuan dari Jobstreet kalau si Dewa Web mengundang gue untuk interview! Yeay!



Nah, kira-kira seperti inilah isi email dari Jobstreet, agak mengherankan sih karena waktu apply magang undangan interviewnya pakai email kantor HRD, mungkin emang ngga mau ribet dan numpuk aja kali ya, jadilah via Jobstreet aja.

Awalnya, jujur, gue ngga ingat pernah apply di Dewa Web, perusahaannya kayak apa, bergerak di bidang apa, di mana aja gue ngga tau. Gue diemail tanggal 19, kalau ngga salah pagi, tanggal 20 besoknya sudah harus interview (gue ngga ngerti kenapa HRD suka ngasih tau hanya sehari sebelumnya), karena tau waktu mepet gue langsung googling perusahaan apa sih Dewa Web ini, secara garis besar mereka tuh perusahaan yang jual domain, kurang lebih seperti itu, karena gue melamar jadi SEO Content Writer gue juga belajar tuh apa sih SEO, dan ternyata ribet ya. HAHA.

Lompat aja langsung ya ke hari H, gue janjian jam 9 pagi, tapi karena tempatnya dekat banget dari kostan gue nyampe jam setengah 8, cuy! Kalau ngga salah inget Dewa Web ada di lantai 16, informasi untuk teman-teman, lift mereka tuh baru dan canggih, jangan norak ya kayak gue, jadi touch screen gitu deh. Dewa Web ini ada di Gallery West Office, gedung baru gitu. Nyampe sana gue papasan sama laki, menurut gue salah satu bos di situ, sekitar umur 40an tapi gayanya dong, kaos, jeans, sneakers dan bukain gue pintu sambil pasang senyum manis! Gue ngga pernah langsung jatuh hati sama kantor kayak gini, dan pas masuk gue ditawarin mau minum apa? ditarikin kursi sama OB, keren ya attitude-nya? padahal dia tau loh gue belum tentu kerja di situ. 

Gue nunggu pak Yohanes sekitar sejam lebih, setelah dia datang langsung ngerjain psikotest dalam bahasa Inggris, ngga susah kok, kayaknya hanya untuk mengetahui kita tuh sesinergi ngga sih sama Dewa Web-nya.  Psikotest sekitar 5 halaman, pertanyaannya berulang jadi diinget-inget aja, diisi kayak kuesioner, main angka 1-5, dan ada test menulis! Test nulisnya tentang artikel gathering terakhir Dewa Web di Bandung, dan hanya 1 jam, jujur gue agak keblinger tapi Puji Tuhan selesai sebelum waktu abis.

Lalu, tibalah part menyedihkan yang sangat gue sesali sekaligus memotivasi gue, interview, gue ngga sempat upgrade CV di CV lama gue naruh bisa bahasa Inggris dengan aktif, test-lah gue, hasilnya? KACAU! 
Gue bisa English tapi hanya writing, gue ngga terbiasa ngomong langsung, dan ternyata gue bego parah pas ngomong. hahaha. Padahal dia hanya nanya hal-hal dasar kayak kuliah, organisasi, dan keluarga. Singkat cerita, si bapak ngomong *Win, kamu punya talenta yang baik dalam menulis, tapi bos di sinipun foreign, kamu harus bisa bahasa Inggris, belajar lagi ya, saya tidak mau menerima kamu tapi jadi menyusahkan kamu dan menyusahkan kita juga, DHEG*

Akhirnya gue mengiyakan, gue berkemas, salaman, dan sekali lagi, si bapak bukain gue pintu, nepuk pundak gue terus bilang *kamu datang cepet banget, it's a good start, good luck* lalu bukain gue pintu luar. 

Lucu ya, hanya karena gue ngga latihan ngomong bahasa Inggris dasar di kaca gue jadi kehilangan kesempatan kerja di kantor se-homie itu, tapi ngga papa, dari situ gue langsung bikin account dateinasia untuk belajar conversations sama foreigns. Nanti gue ceritain ya kapan-kapan! Buat teman-teman yang mau test di Dewa Web jangan lupa latihan ngomong English! Good luck!


With Love, Winda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar