Minggu, 05 November 2017

Pengalaman Psikotest dan Interview HRD di Moratelindo (MADP)

Fyiuwh, 10 hari setelah gugur di Dewa Web gue nerima email pagi-pagi untuk mengikuti psikotest salah satu Management Trainee di perusahaan informatika yang tidak terlalu terdengar gongnya, mungkin karena mereka ngga punya provider, namanya Moratelindo atau PT. Mora Telematika Indonesia. Padahal nih, gue ngirim email lamaran ini H+ 1, eh ternyata tetap diproses sama mereka, pelajaran ya buat teman-teman yang lagi nyari kerja, kalau taunya telat mending tetap aja kirim lamaran, mana tau rejeki.

Kira-kira seperti ini email dari bapak Eko, salah satu staff HRDnya :




Nih, pengalaman agak aneh lagi yang baru gue temuin, test kerja hari Sabtu mungkin biar ngga ganggu yang lain kali ya. Test sekitar jam 9 tapi kita disuruh datang jam 8 untuk perkenalan profile perusahaan dan apa sih MADP itu, ternyata sejenis Management Trainee, Moratel Associate Degree Program singkatnya program untuk mencari generasi terbaik untuk masa depan perusahaan. KEK GITULAH. 

Testnya kayak gimana? SUSAH. Gue ngga begitu inget apa nama psikotestnya, yang jelas gue test dari jam 9 sampai jam 4 sore, tadinya kami semua ngira hanya psikotest ternyata nyambung sampai interview HRD. Hari itu agak simpang siur, apakah kami satu-satunya batch, atau ada batch lain di hari lain. Karena yang nyampe ke teman-teman beda-beda, ada yang taunya hanya kami saja, gue sendiri taunya sudah ada 3 batch sebelum kami. Ada sekitar 26 orang yang test hari itu, mulai dari test numerik, padanan kata, test bahasa Inggris, test nyocokin gambar, test menggambar orang, test pauli (gue benci banget test ini, tapi latian terus kok :( ), ada juga Focus Discussion Group atau dikenal dengan FDG. Kelar FDG pala gue langsung mules, bukan perut gue lagi tapi otak! Gue ga usah jelasin panjang lebar psikotest kayak apa, temen-temen bisa cek di Google

Paling, untuk menggambar orang, jangan neken terlalu keras, jangan mengulang garis, karena itu kasih indikasi kamu orangnya tidak pede, makanya sebelum test staff HRDnya nyuruh kasih informasi di lembar jawaban jenis pensil apa yang digunakan. Dan untuk pauli, gue yakin HRDnya ngga akan cek itu itungan bener semua atau ngga, paling tidak konsisten grafiknya, usahakan mendekati tengah kertas. Untuk FDG, kreatif, casenya bisa aja beda-beda, kayak gue kemaren tentang ngusulin siapa yang pantas jadi manager HRD yang baru, dikasih 6 kandidat dan disebutin kelebihan dan kekurangannya, dari sana kita dibagi per 6-7 orang berdiskusi menentukan siapa yang terbaik. Nanti temen-temen harus kreatif, kalau mau nyangah kasih alasan yang bisa dimengerti, pede aja ngomong, jangan menyudutkan. 

Untuk interview HRD sama aja kayak tempat lain, ditanyain apa motivasi melamar, rencana 2-3 tahun kedepan, ngapain aja di kampus dan luar kampus, kalau diterima mau ditempatkan di divisi apa. Sama kalau kamu jurusannya  ngga terlalu nyambung ke perusahaannya, paling ditanyain "emang apa sih hubungan jurusan kamu sama perusahaan dan posisi yang kamu lamar?" Di situ pinter-pinternya temen-temen aja. 

Kata bapak HRD, dalam jangka waktu 2 minggu akan dikabari, gue sih nothing to lose, karena itu pengalaman pertama gue test Pauli, temen-temen pada bikin WhatsApp grup dan nanyain tiap hari ada yang udah dihubungin atau belum, ada yang nakut-nakutinlah katanya si Moratelindo cuma bikin test buat perkenalan perusahaan, hahaha, lewat sebulan ternyata ada 3 orang yang dihubungin pihak Moratelindo, salah satunya gue segrup pas FDG, dan he deserve it kok, pinter, tenang dan ganteng anaknya. HAHAHA. Kata mereka yang lulus, masih ada kemungkinan yang lain diundang buat ttd kontrak, sebelum di email ngga diterima berarti masih ada kesempatan, gue sih udah ngga begitu ngarepin, tapi tetep didoakan. Semoga ada kabar baik ya, Moratelindo. Oh iya, ini MT yang pertama loh, semoga tulisan ini berguna untuk temen-temen yang mau ikut MT kedua di Moratelindo. Good luck!


With love, Winda

3 komentar:

  1. Hai Winda, kalo boleh tau apply ke Moratelindo melalui email atau jobstreet, atau jobsDB? kalau melalui email, boleh tau alamat email HRD-nya? terima kasih banyak :)

    BalasHapus
  2. Hai kak, mau tanya utk interview nya sendiri ini English atau bahasa ya ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. interviewnya pakai bahasa indonesia, tapi ada test english nya

      Hapus