Minggu, 05 November 2017

Pengalaman Psikotest dan Interview HRD + User di BRI LIFE sebagai BFA

Gue dapat undangan interview dari BRI LIFE ini hasil dari drop CV di job fair kampus, 90% CV yang gue taruh atau sekedar data gue aja pasti dipanggil deh, makanya jadi informasi nih buat teman-teman yang ada job fair di kampusnya chance kalian untuk langsung lulus proses administrasi lebih gede, jangan disia-siakan ya! Here is the email:


Seinget gue, gue drop data dan cv gue ke bank adalah sekitar 4 bank, nanti akan gue ceritakan yang lainnya, tapi ngga semua gue datengin, karena banyak banget yang bentrok jadwalnya. Jadi harus milih salah satu. Anyway, balik ke BRI LIFE, awal dateng buat psikotest gue ngiranya ini tuh test untuk jadi karyawan BRI, gue mikir BRInya bukan BRI LIFE, hahaha, dan gue ngiranya Relationship Officer itu semacam Public Relationnya bank, sungguh lugu lo, Win!

Nyampe sana agak nyasar, maklumlah Setiabudikan banyak gedung tinggi ya, begitu nyampe langsung tuh ngambil kertas psikotestnya, jujur ini adalah pengalaman psikotest tergampang sepanjang abad, hanya ada test numerik yang super duper gampang, padanan kata, sama test DISC. Temen-temen bisa cek di Google aja ya, paling yang perlu diseriusin si DISCnya karena ada soal ulangan. 

Belum kelar ngerjain, si bapak Manager masuk, namanya pak Ican kalo ngga salah ingat, beliau nanya kami yang test pada ngelamar untuk posisi apa, gue nyeletuk deh tuh, Relationship Officer pak! Setelah basa basi si bapak menawarkan lowongan yang paling banyak butuh karyawan, yaitu BFA alias Bancassurance Financial Advisor, keren ya namanya? hahaha, kata mas-mas HRD dan Usernya sih BFA itu perencana keuangan. Tapi job desknya sebenernya adalah jualan produk asuransi yang bekerja sama dengan bank, ngga hanya kerjasama sih, BRI LIFE ini 99% sahamnya punya BRI, tapi memang bener, sebelum ditawari produk asuransi calon nasabah diajak untuk menceritakan keadaan keuangan dan cita-cita keuangannya, dari situlah si BFA bisa ngasih solusi keuangan, dengan beli Asuransi :).

Testnya karena menurut gue agak gampil ngga lama kok, setelah itu langsung deh interview HRD, buat gue interview HRD tuh sama aja semuanya, paling nanya motivasi mau kerja di perusahaan itu apa? di kampus ngapain aja, pengalaman organisasi dan magang apaan aja? keluarga di mana dan kerja apa? Mau ditempatkan di mana? (kalau mereka punya banyak cabang), karena gue udah sering interview (hitung juga pas nyari magang) gue udah terbiasa, udah ngga ada deg-degan, jadi saran buat temen-temen yang masih suka deg-degan interview, ala bisa karena biasa. Sekali ditolak, jangan sedih jadikan aja ajang belajar ngomong. Sama jawab senatural mungkin, sejujur mungkin, tapi pinter-pinternya kita milih kata-kata dan jangan lupa pede tapi jangan kepedean, selalu senyum! 

Seminggu setelahnya gue ditelpon sama orang BRI LIFEnya, disuruh MCU, awalnya gue bingung juga kok langsung MCU, ngga interview User nih? eh beberapa menit setelahnya dia nelpon balik menjadwalkan interview User. Interviewnya paling ditanyain pengalaman magang dan organisasi, karena gue pernah ikut komunitas penyiar, gue disuruh deh tuh siaran, mana ngga ada persiapan jadilah gue siaran tapi agak terbata-bata, cuma emang suara gue udah enak sih *pede*, lalu disuruh jualan hp, asli sih gue mati kutu tuh pas disuruh jualan hp, mana itu hp nyokap yang gue bawa, gue ga tau deh spesifikasi hp itu apa, tapi berjalan lancar aja. Inget kuncinya adalah PEDE AJA. Interviewnya makan waktu sejam, lalu gue pulanglah dan dijadwalkan MCU. Untuk MCU ngga usah gue ceritain ya, gitu-gitu aja kok. hahaha. 

Intinya temen-temen, test di BRI LIFE ini termaksud gampang, tapi kerjanya ngga gampang, udah nyari nasabah yang mau beli asuransi ada pula targetnya. Kalau temen-temen suka jualan dan seneng target ini tempat yang baik buat mencetak uang, kalau hanya suka ngomong tapi ga suka jualan kayak saya, mending mikir-mikir dulu. Karena marketing kredit bank aja masih suka pusing ngga capai target, padahal kerjanya ngasih pinjeman, apalagi yang job desknya nawarin asuransi? 

Oh iya, yang mau test kerja, bisa langsung ke websitenya brilife, setau gue mereka memang butuh banyak, jadi selama lo bisa ngomong sih, dan ada motivasi kerja, senang dengan target adalah chance buat diterima. 


With Love, Winda

25 komentar:

  1. Halo winda, mw nanya boleh ya.
    Kalo kita sudah selesai MCU trus berapa hari/minggu kita dikabari kalo kita diterima di BRILife.
    Mohon balasannya ya

    BalasHapus
  2. Mba waktu itu pendidikan lagi gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pendidikan sebulan di jkt sebelum korona

      Hapus
  3. Sya uda interview user. kira kira brapa lama ya, untk panggilan MCU.?respon yo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Kira" kerja di BRI life itu di gaji apa ga mba

    BalasHapus
  5. Mba untuk drop lamaran sama CV bisa langsung ke KC atau KCP terdekat ga mba

    BalasHapus
  6. mbak itu kalau karyawan sbg fc upah kerjanya sistem komisi apa gaji mbak?

    BalasHapus
  7. Mbak mau nanya nih, kemaren saya kirim CV kerja untuk posisi Unit Manager di BrI life, dan sampai saat ini saya sudah melewati tahapannya dan besok di jadwal kan untuk ttd kontrak di kantor BRI Life cab. Makassar, disini kebtulan saya berasal dr makaasar yah .
    Lanjut cerita, Sebelum itu saya coba ajukan pertanyaan kepada salah seorang admin tentang Gapok. Disitu jelaskan oleh admin bahwa tidak ada gapok yang di berikan selama bekerja di BRI Life ini. Dan juga kita di minta harus membayar rp 225.000.000 untuk mendaftar ke AAJI(assosiate agen asuransi indonesia) . Yg ingin saya tanyakan, apa benar aturan dan langkah serta kebijakan perekrutan tersebut untuk posisi FC/ Financial Consultan/ dan UM/Unit Manager. Terima kasih mohon info dan sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. membantu menjawab kalau untuk FC,UM itu dia hanya berdasarkan komisi tapi kalau melamar untuk recruitment posisi BFA BRI Life itu ada gapok,tunjangan transportasi,bonus bulanan ,program pelatihan training dan bersertifikat berkelanjutan , bonus trip keluar negeri ,Bonus quartal tahunan dan kesehatan

      Hapus
  8. Maaf ka ikut nimbrung iya soal yang bayar 225.000 untuk financial consultant itu bner gak ya?

    BalasHapus
  9. Izin gabung kak, berarti untuk posisi FC itu tidak ada gaji pokok ? Mohon infonya

    BalasHapus
  10. kak mau nanya, kerja sebagai FC di BRI itu kerjanya dilapangan atau dikantor ?

    BalasHapus
  11. Kak mau nanya posisi BFA itu kerjanya di lapangan atau di kantor?

    BalasHapus
  12. Kemaren saya baru intervw untuk posisi BFA,, dan ibu hrdnya
    Bilang, kalau belum jualan gaji kita akan dipotong,
    Untuk nominalnya sendiri tidak disebutkan

    BalasHapus
  13. Posisi yg kerjanya di kantor ada gak. Yg gak dilapangan.

    BalasHapus
  14. Apakah ada tes kesehatannya jga kak?

    BalasHapus
  15. Ka mau nanya dong seandainya kita ga sampe target yang ditentukan perusahaan itu kira-kira dapet gaji pokoknya ga ka?

    BalasHapus
  16. Kak winda lanjut kerja disana gak kak akhirnya?

    BalasHapus